Senin, 11 Desember 2017

Wisata Edukasi Dengan Menggunjungi Pabrik Gula Madukismo

Pabrik Gula Madukismo


Popularitas DIY sebagai tur all-in-one tidak terbatas pada alam dan budaya saja. Siapa sangka di Kota Pelajar ini kita juga bisa menemukan wisata industri, Pabrik Gula Madukismo misalnya.
Kita bisa kemari menggunakan jasa sewa mobil jogja  

Pabrik Gula Madukismo didirikan pada tahun 1955. Pabrik yang berlokasi di Tirtonimolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta adalah satu-satunya pabrik gula dan alkohol / roh di Yogyakarta. Awalnya pabrik itu bernama PT. New Honey, lalu terbagi menjadi dua pabrik yaitu Madukismo Sugar Factory (PG) dan Alcohol Factory / Spiritus (PS) Madukismo.

Tak lama setelah menelusuri kaki di Madukismo, akan segera disambut dengan nuansa kawasan industri. Bangunan tua yang besar lengkap dengan halaman yang luas dan mesin kuno dan rel tebu diperkuat kesan pertama.

Pengunjung yang datang juga bisa merasakan suasana masa lalu dengan kereta api yang menarik mobil bermesin diesel lokomotif tua buatan Jerman. Kereta api akan membawa pengunjung ke area pabrik melalui perkeretaapian dan perkebunan lama di sekitar pabrik.

Pada bulan Mei-September, pengunjung yang datang bisa langsung menyaksikan proses produksi gula. Mulai dari getah yang diiram, dapatkan jus gula, saring sira, getah, jus, kristalisasi, puteran sampai kemasan gula.

Dari kawasan pabrik gula akan ditemukan Pabrik Spiritus Madukismo yang terletak di sebelah barat pabrik gula. Disini pengunjung bisa melihat seluruh proses produksi spiritus termasuk pengenceran fase bahannya. mentah,? fermentasi atau? fermentasi? dan distilasi. Spiritus? dan produk alkohol? lain? hasil dari? oleh? pabrik ini? diproses? dari tetes tebu, produk sampingan dari produksi gula.

Akses ke Pabrik Gula Madukismo cukup mudah, mulai dari Sudut Beteng Kulon (Selatan) lurus ke selatan menuju Jalan Bantul. Tiba di persimpangan Jl. Bantul - Ring Road Selatan mengambil arah kanan (barat) sekitar 1 km akan menemukan persimpangan lampu lalu lintas pertama, lalu belok kiri (selatan). Pabrik gula Madukismo berada di selatan setelah persimpangan sekitar 200 meter.

Harga Masuk Pabrik Gula Madukismo

Harga Tiket Agro Tour saat musim penggilingan adalah Rp.7.000 per orang (minimal 40 orang)

Buka hari senin Kamis: 08.00? 15.00 WIB

Jumat dan Sabtu: 08.00? 12.00 WIB

Tutup: Minggu

0 komentar:

Posting Komentar